- -

Menampilkan Text Boundaries dan Ruler di Ms.Word

Kerapihan didalam pengetikan merupakan suatu hal yang mutlak bagi seorang penulis atau yang bertugas mengetik dokumen. Aplikasi microsoft word merupakan program yang selalu dipergunakan untuk pengetikan. Berbagai fasilitas sudah terdapat di dalamnya. Tidak seperti pengetikan melalui mesin ketik manual. Mau menebalkan tulisan(bold), memiringkan tulisan (italic), menggarisbawahi (underline), memberi warna, mengetengahkan tulisan, dan  berbagai macam menu yang tinggal anda klik, semua teratasi.

Adakalanya kita agak ragu menentukan batas tepi (margin) ketikan kita didalam melakukan pengeditan halaman sudah ada menu rata kiri, rata kanan, rata tengah, maupun rata kiri dan kanan, seringkali kita agak ragu melihat kerapihannya, belum lagi harus menyetel margin berulang-ulang dengan memasukkan angka secara manual.

Untuk itu pada microsoft word membantu penggunanya dengan memberi garis khayal yang disebut text boundaries. Dapat diartikan text boundaries merupakan garis imajiner yang dibuat untuk membantu kita mengetahui batas penulisan saat membuat dokumen. Dan garis itu berupa titik-titik kecil yang muncul di dalam pengetikan saja, jika di print, garis tersebut akan hilang.

Bagi yang belum mengetahui text boundaries itu seperti apa, dapat anda lihat pada gambar berikut:

 

Fungsi dari text boundaries adalah untuk mempermudah kita dalam pengeditan halaman di ms word dan menentuhkan margin, karena yang ditampilkan oleh text boundaries adalah bentuk layout margin halaman kita.

Selain text boundaries, ada juga ruler (penggaris) yang juga memudahkan kita menentukan lebar kertas maupun batas-batas penulisan pada dokumen yang kita ketik. Untuk ruler sendiri dapat anda lihat pada gambar berikut:

Akan tetapi sejak Microsoft mengeluarkan Microsoft Office 2007 ke atas, text boundaries dan ruler tidak muncul pada tampilan Microsoft Word. Hal ini bukan berarti fasilitas text boundaries maupun ruler dihilangkan, akan tetapi setiap komputer baru diinstal microsoft office word 2007 keatas seting defaultnya memang tidak memunculkan fasilitas ini. dan anda dapat memunculkannya melalui beberapa langkah berikut:

1. Menampilkan Text Boundaries

  • Untuk menampilkan text boundaries, pada tampilan Microsoft Word dapat anda klik tab “File” seperti gambar :

  • Lalu muncul beberapa pilihan menu, dan anda klik menu “Option

 

  • Pada Word Option akan muncul beberapa pilihan pengaturan, lalu anda klik “Advanced”, anda scroll kebawah, temukan pilihan menu “Show document content”, lalu beri centang pada box “Show text boundaries”, lalu klik “OK

  • Dan text boundaries akan muncul di tampilan Microsoft Word anda

 

2. Menampilkan Ruler

  • Untuk menampilkan ruler lebih mudah dibandingkan untuk memunculkan text boundaries, Pada tampilan Microsoft Word, anda klik tab “View

  • Berikan centang pada box “Ruler”, dan tampilan penggaris langsung muncul di tampilan Mirosoft Word anda.

 

Demikian Tips menampilkan Text Boundaries dan Ruler. Semoga tips ini dapat membantu anda bagi yang membutuhkannya.