- -

Mengaktifkan dan menggunakan Sytem Restore di Sistem Operasi Windows

System restore point adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk mengembalikan atau membatalkan perubahan yang terjadi pada sistem komputer anda ke keadaan semula sebelum terjadinya suatu masalah, baik ketika anda menginstal software maupun merubah suatu settingan tertentu. Cara kerjanya yaitu dengan mengambil semacam snapshot dari sistem file dan registry secara berkala yang kemudian snapshot itu disimpan sebagai system restore point (SRP).

Sebagai contoh, saya membuat restore point pada hari ini sebelum saya akan menginstal satu aplikasi, dan ternyata aplikasi baru tersebut membuat system saya tidak beres, maka saya tinggal memanggil restore point yang saya buat tadi, untuk mengembalikan keadaan registry dan konfigurasi Windows yang lainnya seperti sedia kala seperti sebelum aplikasi ‘bermasalah’ tadi terinstal.

Kadang-kadang setelah kita menguninstall atau mengintall sebuah program maupun driver dalam komputer kita justru yang kita dapatkan adalah malah menjadikan komputer kita trouble atau tidak berjalan dengan semestinya. System Restore akan membantu Anda dapat mengembalikan file sistem komputer Anda ke keadaan sebelumnya (sebelum terjadi trouble).

System restore ini sangatlah penting bagi pengguna windows, seperti yang telah disinggung sebelumnya sistem ini bisa digunakan untuk mngembalikan sistem pada kondisi semula tanpa kehilangan data maupun pengaturannya.

Bagaimana Cara Membuat System Restore Point di OS Windows  ?

Untuk berjaga-jaga, sangat disarankan bagi pengguna windows agar membuat System Restore Point saat ingin melakukan penambahan atau perubahan pada windows. Dan alangkah baiknya, kamu membuat System Restore Point terjadwalkan misalnya, seminggu sekali, dua minggu sekali. Hal ini bertujuan apabila terjadi kesalahan pada system windows yang tidak kamu kehendaki, kamu bisa menggunakan restore point tersebut untuk memulihkannya.

Contoh kasus: ketika saya ingin menggunakan program microsoft office untuk keperluan mengetik, saat hendak membukanya, ternyata terdapat error pada program tersebut. Entah disebabkan oleh virus, file error, atau lainnya. Saya sempat bingung, karena sudah coba uninstall dan menginstall lagi namun tidak memberi perubahan apapun. Dan sangat kebetulan sekali saya ingat, kalau sebelumnya sudah membuat System Restore Point di Windows. Jadi saya bisa memulihkannya dengan cepat tanpa harus uninstall program tersebut.

 

Untuk membuat restore point yang dimaksud, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Klik start, kemudian klik kanan pada Computer pilih Properties.
  2. Maka akan muncul jendela System. Lalu klik System protection.
  3. Akan muncul jendela System Properties. Pastikan kamu sudah memilih drive C kemudian klik Create.
  4. Beri nama sesuai keinginan untuk restore point yang akan dibuat.
  5. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai. Kemudian klik close jika sudah selesai.

Beberapa penyebab yang mengharuskan anda melakukan proses system restore antara lain yaitu:

  • Sistem operasi windows anda terkena virus, dan ada file system yang terinfeksi virus hingga komputer tidak dapat bekerja normal seperti biasanya.
  • Ketika anda melakukan software updates, terdapat driver yang tidak support, karena itu anda perlu mengupdate driver pada pc/laptop anda, ini terjadi karena semakin cepatnya perkembangan perangkat lunak yang selelu membutuhkan kompatibitas di antara keduanya, baik driver maupun software. Driver tertentu dari program yang anda instal jika tidak support malah akan membuat komputer anda error. Pada postingan sebelumnya saya telah menulis tentang pentingnya update driver. Silahkan anda baca pada halaman tersebut dan buka tautan software updates.
  • Anda terkena spyware/hijacker browser anda namun anda tidak mampu menghilangkan/menghapus hijacker tersebut dari browser anda. Karena itu tanpa harus pusing-pusing anda dapat langsung melakukan system restore tanpa basa-basi.
  • Laptop anda terkena virus karena setelah anda intall windowsnya anda tidak segera mengintall antivirus yang anda miliki. Jika anda belum memiliki antivirus ada baiknya anda menggunakan antivirus asli bawaan windows.
  • Dan penyebab sistem restore lainnya yang dapat anda jumpai suatu saat selama anda menggunakan windows anda.

Berikut merupakan prinsip system restore yang bisa anda lakukan. Anda dapat praktek secara langsung tahapan system restore sesuai tutorial di bawah ini :

  • Pada layar dekstop, klik kanan My Computer > klik Properties.
  • Kemudian pada jendela control panel system yang muncul klik Advanced system settings
  • Langkah selanjutnya adalah klik System Restore pada tab System Protection.
  • Kemudian pilih jenis restore point. Pada tutorial ini dipilih metode Choose a different restore point.
  • Anda dapat memilih metode Recommended restore point, namun untuk lebih mudahnya anda menentukan restore point berdasarkan timing (urutan tanggal), sebaiknya memilih opsi ke-dua
  • Beri tanda centang pada Show more restore point. Tentukan tanggal restore point yang anda pilih, klik pada tanggal di mana system membuatnya secara otomatis, dan anda menganggap dan yakin bahwa pada tanggal tersebut system komputer anda benar-benar dalam kondisi terbaik (karena anda ingin mengembalikan kondisi system komputer yang sekarang error ke kondisi terbaik sebelumnya).
  • Untuk melihat program apa saja yang terkena pengaruh proses restore point, anda dapat melihatnya dengan cara klik Scan for affected programs
  • Klik Finish, jika anda yakin dengan pilihan timing restore point yang anda tentukan atau klik back untuk mereview ulang tanggal restore yang anda pilih.

Catatan : Sekali anda menekan/klik Finish maka anda tidak dapat membatalkan/menginterupsi proses restore yang sedang berjalan

  • Komputer akan melakukan restart secara otomatis dan melakukan proses restore. Tunggu hingga selesai dan siap digunakan kembali dengan kondisi sistem windows tanpa error seperti sebelum melakukan proses restore

Langkah terakhir jika anda tetap gagal melakukan sistem restore karena sudah sedemikian parahnya kerusakan pada sistem komputer anda, maka sebaiknya anda install ulang windows anda.

Untuk menghidari kerusakan pada sistem komputer anda, sebaiknya anda membuat restore point sebelum anda menginstal program-program trial yang anda download secara free dari internet, karena bisa jadi program/software yang anda download mengandung virus dan malware yang akan menyebabkan komputer anda rusak sistem windowsnya.

Semoga bermanfaat.