- -

Tentang Google Meet Yang Perlu Anda Tahu

Selama bekerja jarak jauh, orang-orang semakin sering mendengar nama Google Meet. Meskipun aplikasi konferensi video lainnya mulai bermunculan, Google Meet masih menjadi aplikasi utama untuk rapat online dan panggilan konferensi. Ini karena Google Meet memang memiliki spesifikasi mumpuni yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda selama pandemi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini, kami memeriksa 6 fakta di bawah ini yang perlu Anda ketahui tentang Google Meet.

Gratis! Siapapun dapat dengan mudah mengakses

Salah satu alasan kuat memilih Google Meet adalah gratis! Anda tidak perlu membeli aplikasi dengan fitur Google Meet. Meskipun gratis, kualitas dan fiturnya tidak kalah dengan aplikasi berbayar. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk menghemat selama pandemi COVID-19.

Oh ya, dengan sistem login yang mudah, aplikasi Google Meet juga mudah dioperasikan. Anda tidak memerlukan proses masuk yang memakan waktu untuk langsung terhubung dengan orang yang ingin Anda ajak ngobrol.

Ditetapkan sebagai pengganti Google Hangouts

Pernahkah Anda mendengar tentang layanan Google Hangouts? Jika tidak, bukan berarti Anda benar-benar tidak tahu apa-apa. Alasannya adalah Google Hangouts adalah salah satu produk Google yang kurang populer. Guna menggantikan Google Hangouts, Google juga menyiapkan Google Meet yang punya sederet fitur keren. Tugas ini berhasil! Google Meet diterima secara luas di pasar dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Pengguna bisa menyesuaikan tampilannya

Meski terbilang tidak sebagus Zoom, pengguna tetap bisa menyesuaikan tampilan Google Meet sesuai kebutuhan. Anda dapat mengubah posisi dan tata letak pengguna selama konferensi video agar komunikasi lebih nyaman. Fungsionalitas layanan mungkin sangat mendasar, tetapi Anda dapat memanfaatkannya.

Google Meet menjadi lebih user-friendly karena dapat dioperasikan dengan mudah tanpa fitur tambahan lainnya. Mungkin inilah kekuatan di balik kesederhanaan. Usut punya usut, Google memang lebih fokus pada fungsi dibandingkan keindahan tampilannya.

Ingin mengadakan konferensi video dengan banyak orang? Bisa!

Apakah Anda berencana mengadakan konferensi video dengan banyak orang? Anda dapat memanfaatkan paket Google Meet berbayar. Google Meet sendiri menyediakan tiga paket yang bisa dipilih sesuai dengan jumlah orang yang hadir. Berikut ini adalah informasi rinci tentang paket google meet;

  • G Basic Suite          : 100 pengguna diundang, durasi 1 jam dan biaya bulanannya Gratis;
  • G Suite Essentials   : 150 pengguna diundang, durasi 300 jam dan biaya bulanannya $ 8;
  • G Suite Enterprise  : 250 pengguna diundang, durasi 300 jam dan biaya bulanan bisa menghubungi pihak marketing langsung.

Pilih jenis paket yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Khusus untuk G Suite Enterprise Edition, Anda juga dapat merekam konferensi video dan menyimpannya di Google Drive secara gratis!

Tidak ada rapat yang terlewat, ada reminder Google Calendar!

Salah satu keuntungan menggunakan produk Google adalah layanan ini terintegrasi satu sama lain! Anda tidak perlu khawatir ketinggalan rapat penting, karena Anda akan diingatkan di Google Calendar. Nanti, Anda hanya perlu mengklik link di Google Calendar untuk bergabung dalam rapat.

Jauh lebih aman dari tamu yang tak diundang

Setiap orang yang berpartisipasi dalam konferensi video Google Meet harus memenuhi beberapa ketentuan. Syaratnya adalah Anda harus memiliki akun Gmail dan masuk, dan tuan rumah harus menambahkannya ke agenda rapat di Google Calendar. Oleh karena itu, Anda tidak bisa hanya menghadiri rapat tanpa persetujuan tuan rumah. Oleh karena itu, karena penyelenggara rapat dapat mengontrol kemajuan rapat, video meeting Google Meet lebih aman dari penyusup.

Terakhir, Google Meet dapat digunakan di desktop dan perangkat seluler

Oleh karena itu, meskipun Anda bekerja secara jarak jauh atau secara eksternal, Anda masih dapat bergabung dalam rapat. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fiturnya, Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store dan App Store. Jika Anda ingin bergabung dari desktop, kunjungi meet.google.com!