- -

 

Pangkalan Kerinci – Senin (08/02/2021) kemarin, Bupati Pelalawan H.M. Harris melantik 6 (enam) orang Pejabat Fungsional yang terdiri dari 3 (tiga) orang Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (PPUPD) dan 3 (tiga) orang Auditor. 

Dalam sambutannya, bupati menyatakan bahwa dengan adanya jabatan fungsional PPUPD dan Auditor, akan menguatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).  Adapun penguatan peran APIP ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam setiap melakukan   pekerjaan  pada  umumnya  dan pengawasan khususnya.

Bupati mengharapkan agar PPUPD dapat fokus  pada perbaikan sistem agar dampak perbaikan yang dihasilkan bisa berdimensi jangka panjang.  Apabila sistem yang buruk, maka seberapa banyak  pun  orang  yang  ditindak  dan diberi sanksi, pelanggar akan terus ada. Namun bila yang dibenahi adalah sistemnya, maka celah untuk terjadi penyimpangan menjadi tertutup.

Selain itu beliau menyatakan bahwa peran auditor dalam pemerintah daerah juga tidak kalah penting.   Hasil pekerjaan auditor digunakan sebagai salah satu tolak ukur pencapaian dari setiap organisasi perangkat daerah terhadap arah kebijakan yang telah ditetapkan.

Bupati pun mengingatkan kepada seluruh ASN, agar selalu menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi integritas serta profesionalitas. (Adr)