- -

Pangkalan Kerinci – Senin (19/04/2021) kemarin, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Pelalawan melakukan Sosialisasi Usulan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) Online, bertempat di Ruang Rapat BKSDM Kabupaten Pelalawan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Pelalawan, Fakhrurrozi, S. Sos dalam sambutannya menjelaskan, bahwa KGB Online ini sebenarnya bukan aplikasi baru, akan tetapi pengembangan dari Aplikasi Sistem Manajemen Kepegawaian (Simpeg) yang telah ada sebelumnya. Jika KGB di dalam Simpeg sebelumnya berupa data pendukung, dengan pengembangan kali ini memungkinkan usulan KGB yang selama ini dilakukan secara manual sudah bisa dilakukan secara online.

Kaban BKPSDM menjelaskan bahwa dengan adanya KGB online ini dapat mempersingkat proses usulan menjadi lebih efektif dan efisien, terutama bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang berada di kecamatan yang cukup jauh dari Ibukota Kabupaten Pelalawan yaitu Pangkalan Kerinci. Salah satu kendala ini yang sering menjadi masalah di dalam pengurusan KGB adalah karena jarak yang jauh didalam pengurusan, jika ada dokumen yang kurang atau salah akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus bolak-balik dari instansi yang jauh tersebut.

Sosialisasi ini melibatkan Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan sebagai admin masing-masing OPD tersebut. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, seluruh admin akan memahami proses penginputan dan upload dokumen sesuai dengan kebutuhan sebagaimana mestinya.  Setelah pihak terkait sudah memahami alur serta proses dalam menjalankan KGB online, maka akan segera dilakukan launching dalam waktu dekat, terang Kaban.

Setelah KGB online ini launching, untuk kedepannya, seluruh pengurusan administrasi kepegawaian akan dilakukan secara online. Untuk itu BKPSDM Kabupaten Pelalawan sedang mempersiapkan berbagai aplikasi untuk mendukung hal tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masing-masing OPD maupun ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan. (Adr)