- -

Bekerja menggunakan Aplikasi Zoom Meeting


Dalam rangka  meminimalisir dampak penularan Covid-19 lebih meluas, pemeritah pusat bersama pemerintah daerah menganjurkan social distancing atau pembatasan sosial dengan salah satunya bekerja di rumah atau dikenal dengan istilah Work from Home yang disingkat WFH.


Dengan menjalani WFH tentunya pertemuan secara fisik di satu tempat menjadi terganggu, untuk itu diperlukan solusi agar tetap bisa bekerja meskipun di rumah atau di tempat tertentu. Menggunakan jaringan internet berupa aplikasi menjadi sarana komunikasi untuk bekerja. Berbagai aplikasi media komunikasi yang hangat dibicarakan antara lain, video call WhatsApp, Google Meet, Google Hangouts, Skype, Cisco Webex, Slack, Zoom, dll.  Dengan bantuan aplikasi ini membuat pekerja tetap bisa melakukan rapat online tanpa harus berada di suatu tempat yang sama, ataupun kegiatan belajar-mengajar tetap bisa dilakukan.


Aplikasi Zoom adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan di dunia kerj. Aplikasi Zoom merupakan layanan berupa software yang bisa digunakan untuk belajar maupun rapat atau konferensi. Zoom adalah aplikasi buatan miliarder, Eric Yuan, yang dirilis pada Januari 2013. Selain aplikasi, Zoom juga dapat diakses melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android
Bagi yang masih awam, berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Zoom menggunakan PC sebagai berikut:


1.    Pendaftaran Akun Zoom
Jika anda sudah terbiasa instal aplikasi di Smartphone, pendaftaran akun zoom layaknya seperti mendaftar pada umumnya, Anda harus kunjungi situs website resmi Zoom atau mendaftar pada aplikasi.
Masukkan alamat email, nama depan, dan nama belakang yang ingin kamu tampilkan bagi pengguna lain. Jangan lupa untuk mencentang persetujuan Terms of Service. Setelah itu, klik Sign Up dan tinggal tunggu sampai pesan balasan untuk aktivasi.
Tak berapa lama kemudian, Anda akan dipandu melalui proses mengamankan akun dengan kata sandi. Anda diberi kesempatan untuk mengundang orang yang Anda kenal untuk mendaftar Zoom, tetapi Anda dapat melewati ini jika mau.


2.    Setting Webcam
Jika anda menggunakan All In One PC dapat langsung menggunakan kamera yang terintegrasi, tapi bagi PC biasa anda harus menambahkan web camera tambahan yang bisa disambungkan ke USB agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dalam menjalankan konferensi


3.    Bergabung dengan Meeting
Ada beberapa cara untuk bergabung dalam meeting. Jika Anda menerima e-mail atau undangan kalender ke meeting, Anda hanya perlu mengklik tautan di dalamnya untuk mulai bergabung dalam meeting.
Anda juga dapat mengklik tombol Gabung pada layar Zoom utama dan memasukkan ID Meeting atau Nama Tautan Pribadi yang telah dibagikan dengan Anda. Anda juga dapat memilih apakah akan terhubung menggunakan video, audio atau keduanya, seperti yang dilakukan orang lain dalam meeting.


4.    Mulai Jalankan Meeting
Klik Zoom Client for Meetings, lanjutkan dengan klik tombol Masuk sebelum memasukkan alamat email dan kata sandi Anda. Selanjutnya pilih opsi New Meeting untuk memulai meeting lewat video conference dan Anda juga akan melihat rekaman dari webcam Anda ditampilkan.
Sebelumnya, Anda akan diminta untuk menguji speaker dan mikrofon. Anda dapat mengundang orang untuk bergabung dalam meeting dengan mengklik tombol Invite dan mengirim e-mail dari aplikasi.


Kelebihan dan kekurangan Zoom Meeting
Kelebihan aplikasi zoom adalah sebagai berikut:


1. Dapat melakukan konferensi dengan banyak user
User yang mengakses bisa sangat banyak dilakukan sekaligus, sehingga bermanfaat jika digunakan untuk rapat selama WFH


2. Memiliki fitur yang bermanfaat
menghidupkan dan mematikan suara serta gambar. Akses ini diklaim cukup berguna bagi para pengguna terutama pada kualitas suara. Saat sebuah diskusi berjalan, memerlukan situasi yang kondusif untuk kelancaran kegiatan. Fitur mematikan mikrofon pada peserta diskusi dapat menjadi salah satu alternatif.


3. Pengguna bisa mengirimkan teks saat rapat sedang berlangsung
Hal ini cukup bermanfaat agar tidak mengganggu ketika salah satu user sedang berbicara di forum


4. Tampilan yang baik
Untuk konferensi tampilan pada zoom sangat menyenangkan dan mudah untuk dipahami


5. Dapat membuat penataan schedule
Pengguna zoom dapat menjadwalkan rapat lewat fitur schedule (jadwal)

Adapun beberapa kelemahan Zoom diantaranya:
1. Penggunaan kuota data yang cukup besar
Bagi anda yang menggunakan aplikasi ini sebaiknya menggunan paket unlimited sehingga tidak terganggu menjalankannya.


2. Belum tersedia dalam bahasa Indonesia
Meskipun masih berbahasa asing, bahasa Inggris yang tersedia masih cukup mudah dipahami, jika anda masih ragu, dapat menggunakan google translate.


3. Keamanan Data masih rawan
Akhir-akhir ini sering terjadi kebocoran data-data pengguna ke publik. Bukannya menyimpan rapat-rapat detail pribadi penggunanya, aplikasi ini malah menyerbarluaskan data sensitif seperti wajah, lokasi pengguna, hingga jam login pengguna. Disinyalir juga dapat dengan mudah diakses oleh hacker dengan bantuan software tertentu. Semoga hal ini menjadi perhatian dari pihak Zoom sendiri