- -

File Di Komputer/Laptop Tidak Bisa Dihapus Karena Nama File Terlalu Panjang

 

Pernahkah anda mengalami ada file yang tidak bisa di “cut” (potong) atau “move” (pindah) ke direktori lain? Dihapus tidak bisa, diformat pun gagal. Ketika file diklik kanan, kita akan mendapati banyak opsi yang menghilang. Misalnya saja opsi rename, delete, cut, dan lain sebagainya menjadi tidak muncul. Bukan sekedar opsi yang menghilang, file ini benar-benar tidak dapat dibuka, di-rename, bahkan tidak bisa di-delete (dihapus) dengan cara-cara umum

Informasi yang muncul adalah : “Destination Path Too Long”, dengan keterangan “The File name(s) would be too long for the destination folder. You can shorten the file name and try again, or try a location that das a shorter path.”

Penulis ketika mengalami hal ini dan kebingungan karena belum terjadi sebelumnya. Karena beberapa opsi dari klik kanan pada file banyak yang menghilang atau tidak muncul, mungkin kita langsung mencoba untuk menggunakan tombol keyboard. Namun tetap saja, semua tidak bisa digunakan. Tombol delete, Shift+delete, f2 (shortcut untuk rename), dan lainnya tidak berpengaruh pada file yang satu ini. Saat kita ingin melakukan perubahan pada file, maka Windows akan menampilkan peringatan dengan contoh berikut;

Cara Menghapus File Dengan Nama Yang Terlalu Panjang (filename too long), nama file terlalu panjang, tidak bisa dihapus, tidak bisa direname, tidak bisa dibuka

 

Penyebab penyebab munculnya file dengan nama yang terlalu panjang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • File yang baru saja di download tanpa direname.
  • Anda mencopy dari harddisk eksternal di ke deriktori yang sangat banyak / bercabang
  • File virus, junk, cache, atau file yang corrupt.
  • File yang tidak sengaja dinamai dengan nama yang panjang.

Filename yang panjang akan membuat path juga menjadi terlalu panjang. Dan, penyebab utama yang sering menimbulkan masalah ini adalah karena bagian path-nya. Bukan pada nama file nya.

Path adalah alamat lengkap dari suatu file yang berada di dalam  sebuah directori. Hampir sama dengan alamat dari suatu halaman di sebuah website. Path akan tampil dengan nama awal directori, masuk ke folder, masuk ke folder lain, dan seterusnya sampai pada lokasi file yang dituju.

 

Pemecahan Masalah


Karena penyebab utamanya adalah path yang terlalu panjang, maka kita hanya perlu fokus untuk memperpendek path dari file yang bermasalah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka lokasi dari file yang bermasalah menggunakan Windows Explorer.
  2. File pasti berada di dalam sebuah folder, yang juga berada di dalam folder dan seterusnya. Rename setiap folder yang dilewati untuk mencapai file. Ubah nama folder menjadi 1 huruf saja. Saat nama folder memendek, maka otomatis path juga akan semakin pendek. Contoh:
    Misalnya file awal berada pada direktori seperti berikut:

    D:\data\data_bintang\perubahan\revisi\dokumen\penting\pemeriksaan\laporan\triwulan I\ \(file yang namanya panjang).doc

Lalu anda ubah menjadi satu karakter, terserah mau angka atau huruf masing-masing nama direktori/foldernya satu persatu menjadi:
D:\1\1\1\1\1\1\1\1\1\1 \(file yang namanya panjang).doc Setelah path menjadi lebih pendek, maka file akan dapat diakses kembali. Kamu dapat melakukan rename secara normal ataupun menghapusnya.

  1. Setelah kamu selesai me-rename atau menghapus file, kamu dapat kembali merename folder-folder sebelumnya menjadi seperti sediakala.
  2. Selesai!


Bagaimana jika tidak bisa? Berikut Ini adalah cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi file yang memiliki nama terlalu panjang.

  1. Klik kanan folder yang berisi file dengan nama yang terlalu panjang.
  2. Arahkan kursor pada Share with
  3. Klik Specific people...
  4. Klik tanda panah ke bawah, kemudian pilih Everyone
  5. Setelah selesai klik Share
  6. Pesan Network discovery and file sharing akan muncul. Di sini kamu bisa meng-klik Cancel
  7. Akan muncul window yang menampilkan folder yang telah kamu share. Double klik folder tersebut untuk membuka isi folder.
  8. Di sini nama file yang terlalu panjang bisa kamu rename ataupun delete dengan normal.
  9. Setelah urusan dengan file yang bermasalah sudah selesai, maka tutup semua window File sharing.
  10. Klik kanan folder tadi, seperti pada tahap 1.
  11. Arahkan lagi kursor ke Share with
  12. Pilih Stop sharing untuk mengembalikan status sharing folder agar kembali ke normal.

Demikian tispnya, semoga memecahkan masalah yang anda hadapi.